+ All Categories
Home > Documents > Forum FPBS LPTK Indonesia Denpasar, 30 September 2017...

Forum FPBS LPTK Indonesia Denpasar, 30 September 2017...

Date post: 03-Mar-2019
Category:
Upload: phungdang
View: 212 times
Download: 0 times
Share this document with a friend
56
Agus Setiabudi , Sekretaris Dewan Eksekutif BAN-PT Forum FPBS LPTK Indonesia Denpasar, 30 September 2017
Transcript

Agus Setiabudi , Sekretaris Dewan Eksekutif BAN-PT

Forum FPBS LPTK Indonesia Denpasar, 30 September 2017

Pengantar Struktur Organisasi “baru” BAN-PT

Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Kebijakan Akreditasi Prinsip Dasar Akreditasi

Proses Akreditasi Pengembangan BAN-PT Instrumen Akreditasi

Akreditasi Online Pembukaan Program Studi

BAN-PT terdiri dari 2 organ utama Majelis Akreditasi (9 orang)

▪ Normatif , dipimpin Ketua

▪ Menetapkan kebijakan akreditasi

▪ Part time

Dewan Eksekutif (5 orang)▪ Eksekutif , dipimpin Direktur

▪ Menjalankan kebijakan/

operasional proses akreditasi

▪ Full time

Direktur DE adl anggota MA ex-officio

Excellence: The view of academia

Fitness for purpose: The view of external

assessors aimingfor improvement

Threshold: The view of accreditors Value added:

The view of students

Value for money: The view taxpayers and

governments

Client satisfaction: The view of students

and employers

Source: Green, D. What is Quality in Higher

Education? Concepts, Policy and Practice 1994

Industrial Concentrating on the

assigned tasks Abiding by job

descriptions Following instructions Observing rules and

regulations

Post-industrial Good communicator Good at people Team-worker Self-management Problem-solving Analysis and judgement Risk-taking Creativity and innovation Self-management High EQ High ethical standards Quick to learn

7

QA

IQA

The Responsibility of University and MoRTHE

EQA

The Responsibility of EQAAS; BANPT

Harus aktif dan lengkap

Dilakukan oleh BAN-PT

atau LAM

Permenristekditi 62/2016, SPM-PT

Quality of/in higher education institutions is the responsibility and task of the institution itself,

Quality assurance agencies (BAN-PT/LAM) ontribute to this quality through evaluation and accreditation

Akreditasi bersifat wajib dan meliputi InstitusiPerguruan Tinggi dan Program Studi

Perguruan tinggi tidak dapat mengeluarkan ijazahpada program studi yang tidak terakreditasi

Akreditasi institusi perguruan tinggi dilakukanoleh BAN-PT dan akreditasi program studioleh LAM

Selama LAM belum terbentuk, akreditasi PS dilakukan oleh BAN-PT

Pasal 28 ayat (3)

Gelar akademik dan gelar vokasi dinyatakan tidak sah dan dicabut oleh Menteri apabila dikeluarkan oleh: Perguruan Tinggi dan/atau

Program Studi yang tidak terakreditasi; dan/atau

perseorangan, organisasi, atau penyelenggara Pendidikan Tinggi yang tanpa hak mengeluarkan gelar akademik dan gelar vokasi

Pasal 28 ayat (4)

Gelar profesi dinyatakan tidak sah dan dicabut oleh Menteri apabila dikeluarkan oleh: Perguruan Tinggi dan/atau

Program Studi yang tidak terakreditasi; dan/atau

perseorangan, organisasi, atau lembaga lain yang tanpa hak mengeluarkan gelar profesi

12

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Akreditasi: Program Studi (APS)

Perguruan Tinggi (APT)

Akreditasi minimum to ensure and improve quality of education and

training in interest of stake-holders (students, labour market, government)..

Prinsip dasara. independen; b. akurat; c. obyektif; d. transparan; dane. akuntabel.

Tujuan akreditasi Menentukan kelayakan PT/PS dalam memenuhi

SNDIKTI Menjamin mutu PT/PS dan melindungi kepentingan

masyarakat

Usulanakreditasi

Penetapanassessor

Asesmen Kecukupan

(AK)

PenetapanKelayakan AL

Site EvaluationPenetapanStatus danPeringkat

Penerbitan SK dan Sertifikat

Validasi

Validasi

PT dan PS dapat melakukan Banding; Ditelaah dan ditetapkan oleh MA

Perguruan tinggi atau pihak ketiga lainnyayang tidak puas dengan hasil akreditasi dapatmengajukan keberatan

Keberatan diajukan ke Majelis Akreditasimelalui DE paling lambat 6 bulan setelahkeputusan Disertai bukti data yang valid dan terjadi pada

saat atau sebelum assessment

BAN-PT dapat melakukan pengecekan dilapangan untuk verifikasi klaim

Status Terakreditasi Tidak terakreditasi

Peringkat Terakreditasi Saat ini: A (361 – 400), B (301 – 360), C (200 – 300) Akan datang: Unggul, Baik Sekali, Baik

▪ Akan ditetapkan oleh Majelis Akreditasi BAN-PT

Untuk program studi/institusi baru▪ Terakreditasi minimal

Status dan Peringkat dituangkan dalam SK dan Sertifikat Akreditasi

terakreditasi baik, yaitu memenuhi Standar Nasional

Pendidikan Tinggi;

terakreditasi baik sekali dan terakreditasi unggul, melampaui Standar Nasional

Pendidikan Tinggi. SN-Dikti

Standar PT

Kelompok Total HEIsAccredited

A B C Total

PTAN 78 3 34 19 56

PTAS 968 - 11 177 188

PT-KL 175 3 29 5 37

PTN 124 30 45 8 83

PTS 3127 20 272 623 915

Total 4472 56 391 832 1279

NAAHE AAMETotal

A B C Total A B C Total

PTAN 199 709 226 1134 1 1 1135

PTAS 12 461 934 1407 1407

PTKL 49 234 52 335 6 210 70 286 621

PTN 1561 2391 533 4485 80 72 9 161 4646

PTS 604 5002 4211 9817 17 689 316 1022 10839

Total 2425 8797 5956 17178 103 972 395 1470 18648

1. Instrument yang berorientasi

Proses dan Outcomes

2. Sistem Akreditasi Online

ABET ASIIN AUN-QA BAN-PT

Accreditation Accreditation Assessment Accreditation

International International Regional National

Outcome Base Outcome Base Outcome Base IPO (standard)

SSR - visit SAR - visit SAR - visit Borang - visit

Professional Professional Semi-Gov Government

Program Program Program &Institutional

Program & Institutional

Eng, Comp, Tech Eng, Inf, Sci. All All

Subject Specific req

Subject Specific req

No SSR No SSR

24

25

Stakeholders’ Needs

Quality Assurance and [Inter]national benchmarking

Program

Specification

Program

Structure &

Content

StudentAssessment

Academic Staff

QualitySupport Staff

Quality

Student Quality &

Support

Facilities &

Infrastructure

Quality Enhancement

Output

Expected

Learning

Outcomes

Achievements

Teaching & Learning

Approach

quantitative grades of

students

Infrastructure facilities

faculties

lab equipment

financial resources

Number of quality of

students

Number of students

graduating

success rate of

students

Programme/Institu

tion

Measureable Input Measurable Outputs

OBE (Education)

OBC(Curriculum)

What the student should be able to do?

OBLT(Learning & Teaching)

OBA(Assessment)

How to make the student achieve the outcome?

How to measure what the student has achieved?

Outcome Based Education

Attributes

MissionVision

design Graduate

Attributes

Mengacu pada SN-Dikti dan interaksi antarstandar

Instrument akreditasi harus dapat mengenali keragaman objek yang diakreditasi

(one size does not fit all) berorientasi pada proses, outputs, dan outcomes

Instrument AIPT Variasi tatakelola: PTS, PTN (Satker, BLU, BH), UT

Instrument APS Variasi jenis: akademik, vokasi, profesi Variasi program: D1 – D.Trap, S1 – S3, Profesi – Sp. Variasi modalitas: konvensional, blended, PJJ

Kriteria Penilaian; Perban No 2 ttg SANBAN-PT

Standar Isi Pembelajaran

Standar Kompetensi Lulusan

Standar Proses Pembelajaran

Standar Penilaian Pembelajaran

Standar Dosen dan Tendik

Standar Pengelolaan Pembelajaran

Standar Pembiayaan Pembelajaran

Standar SarPras Pembelajaran

Standar Isi Penelitian

Standar Hasil Penelitian

Standar Proses Penelitian

Standar Penilaian Penelitian

Standar Peneliti

Standar Pengelolaan Penelitian

Standar Pendaan dan PembiayaanPenelitian

Standar SarPras Penelitian

Standar Isi PkM

Standar Hasil PkM

Standar Proses PkM

Standar Penilaian PkM

Standar Pelaksana PkM

Standar Pengelolaan PkM

Standar Pendanaan dan PembiayaanPkM

Standar SarPras PkM

SDM

Keuangan, Sarana dan Prasarana

Tata Pamong dan Kerjasama

Keluaran dan Dampak Tridharma

P e n d i d i k a n P e n e l i t i a nP e n g a b d i a n k e p a d a

M a s y a r a k a t

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

Mahasiswa

Jumlah PT dan Prodi yang harus diakreditasidengan siklus 5 tahunan

Secara geografis tersebar luas Instrument penilaian yang memuat sejumlah

besar items

Akurasi dan konsistensi

Sistem manual melibatkan banyak data entry

Integritas data sulit untuk dikontrol

Equal opportunity and access

PT mendapat kesempatan yang sama utkmenggunakan sistem

Dimungkinkan difasilitasi semi manual

Jaminan Reliabilitas sistem

Secara teknis sistem harus dapat berfungsi secarabenar setiap kali diperlukan

Peningkatan efisiensi dan efektivitas

Dalam aspek waktu, biaya, dan akurasi hasil

Assessors

PDDikti

SAPTO

Perguruan Tinggi

DE-BANPT

PT

Asesor

daftar

Periksa dokumen,Validasi hasil

Penugasan AKPenugasan ALKeputusan hasil

AKAL

Hasil AKHasil AL

hasil

37

Fasilitasi online untuk penyampaianusulan

Proses AK termasuk rekonsiliasi secaraonline

Penyampaian laporan AL secara online Pemantauan status proses secara online

1Minggu ke

• Penawaran kpd Asesor (3 hari))

• Perbaikan Penawaran (3 hari

432 5 6 7 8

• Proses AK ter-masuk rekonsiliasi (7 hari)

• Validasi (3 hari)• Revisi laporan AK

(3 hari)

• Proses AL – 3 hari• Laporan AL – online +

dokument

• Validasi AL (3 hari)

• Penetapan hasil dan (SK)

1

• Pemeriksaan Dokumen

32

• Revisi dokumen

Instrument yang digunakan tetap samadengan yang saat ini berlaku

Data-data kuantitative dipisahkan dalam format excel (disediakan form baku) yg (downloadable)

Borang Institusi dan Laporan Evaluasi Diridisampaikan dalam format pdf.

Tahapan proses akreditasi tetap sama

Dengan beberapa penyesuaian

PT mendaftarkan diri sebagai user SAPTO Mendownload template excel Mengisi tabel excel dan menyiapkan dokumen

usulan akreditasi Meng-upload dokumen dan file excel Ada validity check utk memeriksa apakah file excel yg

disubmit sudah diisi dengan benar.

Ada batas ukuran file maksimal di set oleh system▪ Lampiran yg harus disampaikan disederhanakan

Mencetak Surat Keterangan sedang prosesakreditasi

Kelengkapan dokumen Sinkronisasi dengan PDDikti Untuk tahun 2017

▪ Nama prodi/institusi otomatis▪ Status aktif/non-aktif otomatis▪ Jumlah Dosen Tetap diverifikasi dg tool SAPTO

Tahun2 mendatang▪ Disesuaikan dengan availability data di PDDikti

Secara bertahap item verifikasi sinkronisasi dg PDDikti ditingkatkan

Ada notifikasi jika tidak memenuhi verifikasiadministrasi

Dilakukan oleh DE didasari rules and procedure yg telah ditetapkan

Terintegrasi dengan database assessor

Notifikasi penawaran melalui email Salah satu assessor diassign sebagai anchor

Mengkoordinir proses reconciliation

Mengatur jadwal AL

Menyampaikan laporan AL

Dilakukan secara online pada periode waktu ygtelah ditetapkan Bukti otentik beberapa dokumen akan dicek di

lapangan; tidak dilampirkan dalam file elektronik Proses dipantau oleh DE Anchor Assessor bertanggungjawab untuk

mengkoordinir proses AK online Proses reconciliation in case of split Validasi hasil AK oleh DE + Validator Proses revisi jika diperlukan setelah proses

validasi

Proses assessment lapangan akan berjalanseperti biasa

Laporan AL hanya satu set (consolidated)

Soft copy (tanpa ttd.) disubmit dari lapangan (PT)

Hardcopy berita acara (form 4) dikirim via post.

Prodi/PT tidak memenuhi SNDIKTI (Permen 44 2015) Jumlah dan kualifikasi

Ketidak sesuaian data usulan dengan data PDDikti Nama prodi/PT

Tempat

Perubahan Bentuk PT Konflik Badan Penyelenggara Dalam pembinaan Dikti

UU 12/2012 Pasal 33 ayat (3); Program Studi diselenggarakan atas izin Menteri

setelah memenuhi persyaratan minimum akreditasi.

Permenristekdikti No 100/2016 tentang Pendirian, perubahan, pembubaran

perguruan tinggi negeri, dan pendirian, perubahan, pencabutan izin Perguruan tinggi swasta

Pasal 33 UU Dikti(3) Program Studi

diselenggarakan atas izin Menteri setelahmemenuhi persyarataminimum akreditasi.

(5) Program Studi mendapatkanakreditasi pada saat memperoleh izinpenyelenggaraan.

Pasal 60 UU Dikti(4) Perguruan Tinggi yang

didirikan harus memenuhi standar minimum akreditasi.

n

TerakreditasiMinimum

IzinPembukaan

Terakreditasi Minimum

IzinPendirian

PEMBUKAAN PROGRAM STUDI

PENDIRIAN PERGURUAN TINGGI

BAN-PT/ LAM

BAN-PT

Ditjen KelembagaanIptek dan Dikti

Ditjen KelembagaanIptek dan Dikti

BAN-PT / LAM-PT

DITJENKELEMBAGAAN

SETJENKEMRISTEKDIKTI

Izin PT / Program Studi

Governance Evaluasi Pendirian dan Perubahan PTS,dan Pembukaan Program Studi Tahun 2017

PTN BHOtonom

Pengusul Ditjen Kelembagaan Iptekdikti

BANPT/LAMPT Biro Hukor

JulAgs

SepOk

tNop Des

UploadDesk Evaluasi Validasi

Akreditasi minimal

Proses SK

Disetujui

Tidak disetujui

Loop 2

Syarat Kelulusan Penilaian PTS/Prodi

Aspek Utama Penilaian

Mutlak

Mutlak

Relatif

Aspek Legal

AspekDosen

Aspek Lain

Lengkap

Memenuhi

Skor ≥ 250

Syarat Utama Kelulusan

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Terdapat pada pasal 21, 22, dan 23 Permenristekdikti No 100/2016

Pasal24Syarat pembukaan atau penutupan Program Studi sebagaimana dimaksud pada Pasal 21, Pasal 22 dan Pasal 23, secara mutatis mutandis berlaku juga bagi PTN Badan Hukum (Pasal 24)

Pemimpin PTN Badan Hukum; mengajukan proposal pembukaan Program Studi kepada Senat

Akademik PTN Badan Hukum dan Majelis Wali Amanat; Senat Akademik PTN Badan Hukum

melakukan evaluasi dan verifikasi pemenuhan syarat pembukaan Program Studi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) sampai dengan ayat (4);

Pemimpin PTN Badan Hukum mengajukan permohonan akreditasi program studi yang akan dibuka

kepada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Lembaga Akreditasi Mandiri;

Pemimpin PTN Badan Hukum untuk dan atas nama Menteri menetapkan pembukaan Program Studi. Apabila hasil evaluasi, verifikasi, oleh senat akademik dan akreditasi

(minimum menyatakan bahwa Program Studi yang diusulkan layak untuk dibuka, maka

“Every morning in Africa, a Gazelle wakes up. It knows it must run faster than the fastest lion or it will be killed. Every morning a Lion wakes up. It knows it must outrun the slowest Gazelle or it will starve to death.

It doesn't matter whether you are a Lion or a Gazelle... when the sun comes up, you'd better be running.”


Recommended