OLEH
D I R E K T U R D E KO N S E N T E R A S I T U G A S P E M B A N T UA N D A N K E R J A S A M A
D I R E K T O R A T J E N D E R A L B I N A A D M I N I S T R A S I K E W I L A Y A H A NK E M E N T E R I A N D A L A M N E G E R I
TERNATE, 31 OKTOBER 2019
LANGKAH PERCEPATAN PENERAPAN OSS DENG AN PTSP DAERAH
F O R U M G R O U P D I S C U S S I O N
Visi Presiden
Indonesia Maju yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian yangBerlandakan Gotong Royong
Misi Presiden
1. Meningkatkan Kualitas Manusia Indonesia;2. Struktur Ekonomi yang Produktif Mandiri dan Berdaya Saing;3. Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan;4. Mencapai Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan5. Kemajuan Budaya yang Mencerminkan Kepribadian Bangsa;6. Penegakan Sistem Hukum yang Bebas Korupsi, Bermartabat dan
Terpercaya7. Perlindungan Bagi Segenap Bangsa dan Memberikan Rasa Aman
pada Seluruh Warga;8. Pengelolaan Pemerintahan yang Bersih, Efesien dan Terpercaya;9. Sinergi Pemerintah Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan
LATAR BELAKANG
1. Kementerian Dalam Negeri selaku pembina dan pengawaspenyelenggaraan pelayanan perizinan daerah;
2. Menteri Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Adwil selaku pembinateknis PTSP Daerah;
3. PTSP Daerah sebagai entry point dan katalisator dalammeningkatkan laju pertumbuhan ekonomi melalui peningkataninvestasi yang berbasis pada kualitas pelayanan perizinan yangprima;
4. Diperlukan langkah konstruktif PTSP daerah dalam mendukungkebijakan pemerintah pusat berdasarkan PP 24 Tahun 2018tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi SecaraElektronik.
MAKSUD & TUJUAN
MAKSUD
1. Langkah Percepatan PTSP prima dalam mendukung EODB
2. Langkah Percepatan Integrasi OSS dengan PTSP Daerah
TUJUAN
1. Merespon dan menindaklanjuti arahan Bapak Presiden RepublikIndonsia
2. Mencermati Kondisi dalam percepatan EODB
HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Kesamaan pemahaman dalam mengambil LangkahStrategis bidang Regulasi, Bisnis Proses, dan IT di Pusatdan di Daerah
2. Merancang dan membangun model pelayanan perizinanprima dalam mendukung EODB
KONDISI EXISTING INTERAKSI OSS DENGAN PTSP DAERAH
OSS Kabupaten/Kota Provinsi K/L
Pemohon OSS NIB
Integrasi
Aplikasi PTSP Daerah
Dinas Teknis
Notif
Web FormIzin Efektif
Rekomendasi
IK/O Efektif
Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Dasar (Izin Lokasi,
Lingkungan, IMB, SLF)
Izin Konvensional/ Operasional Izin Konvensional/ Operasional
I N T E R A K S I P K D A L A M I M P L E M E N TA S I O S S
P E L A K U U S A H A
O S SS I C A N T I K
C L O U DP T S P
X
D I N A S T E K N I S
K L K L K LK D H
• Kelembagaan• SARPRAS• SDM• IT
X
X X
X
X
X
I N T E R A K S I P K D A L A M I M P L E M E N TA S I O S S
P E L A K U U S A H A
O S S
S I C A N T I K C L O U D
P T S P
D I N A S T E K N I SK L
T I M T E K N I S
N S P K D A E R A H
N S P K P U S A T
N I B
I D E N T I F I K A S I M A S A L A H I M P L E M E N TA S I O S S
PemerintahPusat
Provinsi
Kabupaten/ Kota
Pemohon/ Pengusaha
OSS/BKPM & KL
PTSPDinas Teknis
PTSPDinas Teknis
PerizinanBerusaha
• Integrasi KL dengan OSS yang bentuknya NSPK• Pengembangan OSS yang Adaptif Bersama Sicantik Cloud• Kejelasan Kewenangan dalam Pemenuhan IO/K• Binwas
• Pendelegasian• Tim Teknis• Online Sistem kepada Dinas Teknis• Kejelasan Izin dalam 4 Bidang Urpem (Pendidikan, Kehutanan, Kelautan, & ESDM)• SOP Terintegrasi dengan Dinas Teknis• Tata Ruang• SARPRAS, SDM, Jaringan Sistem IT• Integrasi OSS dengan Sicantik
• Pendelegasian• Tim Teknis• Online Sistem kepada Dinas Teknis• Kejelasan Izin dalam 4 Bidang Urpem (Pendidikan, Kehutanan, Kelautan, & ESDM)• SOP Terintegrasi dengan Dinas Teknis• RDTR• SARPRAS, SDM, Jaringan Sistem IT• Integrasi OSS dengan SICANTIK• Belum Familiar terkait aplikasi SimBG, SINAS, Amdal.net, OSS & Sicantik
• Masih Ping Pong• Biaya• Terkait CSR• Gaptek
PUSAT
DAERAH
LANGKAH PERCEPATAN PENERAPAN OSS DENGAN PTSP DAERAH
Revisi PP 24 (Menyesuaikan beberapakewenangan dengan aturan diatasnya)
Revisi Perda/ Perkada (PenyesuaianBerdasarkan PP 24)
Pengembangan Sistem Aplikasi OSS
Pengintegrasian Sicantik Cloud dengan OSS
Sinkronisasi Pelayanan Izin Dasar (Izin LokasiLingkungan) dengan Sicantik Cloud
Migrasi aplikasi daerah ke Sicantik Cloud
Penyesuaian NSPK KL dengan PP 24 yang Berimplikasi terhadap Sistem Aplikasi OSS dan Sicantik Cloud
Memperkuat Fungsi Helpdesk
Memperjelas Eksistensi dan Fungsi SATGAS DiPusat
Menyusun SOP SATGAS dipusat dan daerah
Sekretariat SATGAS
Operasionalisasi SATGAS PercepatanPelaksanaan Berusaha
Dukungan Sarana dan Prasarana,Integrasi, Sinkronisasi dan Migrasi SistemPerizinan Aplikasi Daerah, Sistem AplikasiOSS dan Aplikasi Sicantik Cloud
Penyesuaian Perda/Perkada dengan PP 24 yang Berimplikasi terhadap Sistem
Aplikasi OSS dan Sicantik Cloud
Memberikan Layanan Helpdesk OSS
Melakasanakan Eksistensi dan Fungsi SATGASDi Daerah
Menyusun dan Melaksanakan SOP SATGAS diDaerah
Pembentukan Sekretariat SATGAS Daerah
Pelaksanaan Operasionalisasi SATGASPercepatan Pelaksanaan Berusaha Di Daerah
JUKNIS dan Implementasi SistemPemerintahan Berbasis Elektronik
Perkuat Tim Teknis
TERIMA KASIH. . .